Rabu, 25 Maret 2015

Cara Memaksimalkan Performa Android Tanpa Root


Proses root atau ‘pembebasan’ akses sistem operasi Android bagi beberapa Pengguna mutlak dibutuhkan untuk memaksimalkan performa smartphone. Banyak yang khawatir dengan rooting Android mulai dari smartphone bisa mati total, rawan virus, hingga hilangnya garansi bisa menjadi mimpi buruk.
Jika Oprekers termasuk golongan pengguna yang belum mau smartphone-nya di-root, ada beberapa tips dan trik mudah yang bisa dipakai untuk meningkatkan performa smartphone. Walaupun hasilnya tidak semaksimal rooting, namun tips ini layak dicoba.
1. Restart smartphone secara berkala
android-restart
Cara ini dapat membuat cache pada aplikasi atau data sisa kegiatan online aplikasi-aplikasi terhapus. Smartphone yang sudah dihidupkan kembali akan terasa lebih cepat dan tidak mudah lag, meski Oprekers menginstal banyak aplikasi.
2. Jangan instal banyak aplikasi
No-Android_thumb
Setelah membeli smartphone, sebaiknya lihat batas kemampuan smartphone dari spesifikasinya. Dengan begitu Kalian bisa tahu jumlah aplikasi ideal yang bisa dijalankan oleh smartphone. Memberi beban pada smartphone justru membuat performanya semakin turun. Semakin banyak aplikasi yang terpasang, otomatis akan banyak memori yang harus dipakai dan akhirnya membuat smartphone semakin lambat. Oleh sebab itu, selalu pasang aplikasi yang benar-benar dibutuhkan saja.
3. Selalu update OS Android
upgrade-android
Rajin mengupdate OS Android atau ROM yang disediakan oleh pabrikan. Update OS dan ROM Android biasanya akan memberikan banyak pembaruan yang membuat performa smartphone lebih baik dan stabil. Dan disarankan membeli smartphone dari vendor-vendor yang memiliki reputasi baik, sehingga pembaruan akan semakin cepat dikeluarkan oleh pabrikan tersebut.
4. Hapus aplikasi secara rutin
delete apps
Nah, dari pada menambah aplikasi yang berujung pada merosotnya performa, lebih baik menghapus aplikasi tidak terpakai dan menggantinya dengan yang baru. Karena seiring dengan berjalannya waktu, ada aplikasi-aplikasi dalam smartphone yang tidak kita butuhkan.
5. Nonaktifkan aplikasi
Disable_app

Kalau Oprekers belum rela menghapus aplikasi yang jarang dipakai, Kalian bisa mengambil jalan pintas untuk tetap meningkatkan performa smartphone, yaitu dengan mematikan atau men-disable aplikasi tersebut. Langkah ini dapat dilakukan di opsi ‘Aplikasi’ di menu pengaturan. Disable atau ‘hentikan’ tidak akan menghapusnya, tetapi menonaktifkannya untuk sementara.
6. Segera update aplikasi
app-updates1
Secara rutin, developer aplikasi Android pasti akan menerbitkan pembaruan atau update pada aplikasi buatan mereka di Google Play. Meski notifikasi update terkadang terasa menjengkelkan, lebih baik Anda tidak menghiraukan pemberitahuan tersebut. Rutin mengupdate aplikasi dapat memperbaiki kesalahan sistem atau bug pada aplikasi tersebut. Beberapa bahkan menyediakan fitur baru yang bisa mendongkrak performa smartphone. 

Tidak ada komentar: